Gandeng MUI, Mahasiswa KKN dari STIT Raden Santri Gresik Sosialisasi Penanganan Jenazah

Sabtu, 8 Februari 2020, 13:15:00 WIB - 15 View
Share

Gresik – Para mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Santri Gresik, sedang melakukan pengabdian di tengah masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Salah satunya berlokasi di Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Dalam masa pengabdian itu banyak kegiatan yang telah dilakukan, termasuk mengedukasi warga terkait tata cara merawat jenazah. Kegiatan bertajuk sosialisasi ini berlangsung di Masjid At-Taqwa desa setempat, Minggu (2/2/2020).

Tampak hadir tiga pembicara dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik, di antaranya KH Suratin, KH Fathoni dan KH Ainur Rofiq. Dan, puluhan warga serta perwakilan RT maupun RW juga sangat antusias mengikutinya.

KH. Ainur Rofiq mengungkapkan, bahwa penanganan dan perawatan jenazah memang sangat penting untuk diketahui setiap orang. Artinya, wawasan ini bukan hanya untuk moden—sebutan untuk seksi kesejahteraan rakyat di Pemerintahan Desa.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan merawat jenazah ini membuat warga semakin mengerti dan tidak ceroboh dalam mengurus jenazah mulai dari memandikan sampai mengkafani,” imbuhnya.

Selanjutnya, KH. Fathoni pun mempraktikkan proses merawat jenazah di depan warga. Yaitu dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan MUI Gresik.

“Saya sangat berkesan terhadap sosialisasi ini. Sebab ada beberapa perbedaan dan mendapat ilmu baru tentang pengetahuan cara merawat jenazah,” kata Surip, warga yang hadir mengikuti sosialisasi penanganan merawat jenazah.

Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa KKN di Kandangan, Muhammad Minanur Rahman menjelaskan bahwa kegiatan di desa setempat bukan hanya sosialisasi merawat jenazah. Tetapi juga ada kegiatan lain seperti digital marketing.

Untuk sasaran digital marketing adalah warga yang memiliki usaha maupun bisnis. Rencananya akan dikolaborasikan langsung dengan salah satu perusahaan toko online terkenal di Indonesia.

Diharapkan, kegiatan KKN ini dapat memberikan kesan baik bagi warga di Desa Kandangan. “Alhamdulillah kami sangat senang, ternyata antusiasnya warga juga besar karena sosialisasi ini memang dibutuhkan. Harapan kami ke depan semoga sosialisasi ini tidak hanya sekedar menambah wawasan, namun juga dapat direalisasikan nantinya,” pungkas Minanur Rahman.

Sumber: www.klikjatim.com


Berita terkait lainnya:
Kuliah Umum Mahasiswa Program Peningkatan Kualaifikasi Guru Madrasah Diniyah
Pengenalan Lapangan Persekolahan : Mempersiapkan Guru PAI Profesional

STIT RADEN SANTRI GRESIK

STIT RADEN SANTRI GRESIK Jl. Dermaga Sungaiteluk Sangkapura Bawean Gresik, 61181, INDONESIA.
Telp +62 325 421 047 | Fax +62 325 421 047 | Email: info@stit-rsg.ac.id

© 2019 IT STIT RADEN SANTRI Follow STIT RADEN SANTRI: Facebook Twitter Youtube