LAUNCING KAMPUS TANGGUH: STIT RADEN SANTRI GRESIK SIAP MELAKUKAN PERCEPATAN PENCEGAHAN COVID-19

Kamis, 23 Juli 2020, 15:30:00 WIB - 35 View
Share

STIT Raden Santri Gresik, Launching Kampus Tangguh (Sabtu, 18/07/2020) sebagai upaya mengantisipasi dan mempercepat pencegahan dan penyebaran virus 19 jenis baru di lingkungan kampus. Launching Kampus Tangguh STIT Raden Santri Gresik dihadiri tim gugus tugas covid 19 pulau Bawean diantaranya bapak Hamim, S.Sos, MM (Camat Sangkapura), dr. Faiza Kumala (Kepala Puskesmas Sangkapura), Bapak Senin, S.Pd (Kepala Desa Sungaiteluk), AKP. Rahmat T., S.Sos (Kapolsek Sangkapura), Kapten Inf. Bambang Kusharyanto (Danramel Sangkapura), serta tokoh masyarakat pulau Bawean.

Secara terpisah Ketua STIT Raden Santri Gresik Ida Rochmawati, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan secara ketat di lingkungan kampus dengan membentuk gugus tugas agar bisa diterapkan secara konsisten.

Ia menambahkan melalui Kampus Tangguh ini diharapkan wilayah kampus, mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen, dan warga mampu melakukan percepatan pencegahan COVID-19 secara mandiri dan ketat sehingga tidak membentuk klaster baru.

Sebelum launching, Dosen dan mahasiswa yang tergabung dalan satuan tugas (SATGAS) kampus tangguh telah mengadakan pembekalan percepatan pencegahan covid 19 (Jumat, 03/07/2020) di kampus STIT Raden Santri Gresik Jl. Dermaga Sungaiteluk Sangkapura Pulau Bawean Gresik. Pembekalan tersebut diisi oleh tim gugus tugas Sangkapura yakni dr. Faiza Kumala dan tim.

dr. Rahma (salah satu pemateri dalam pembekalan) mengatakan penting bagi satuan tugas kampus tangguh STIT Raden Santri Gresik mengetahui dan mematuhi protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan dengan benar (pake sabun dan air mengalir), menggunakan masker, etika batuk, mengecek suhu tubuh dengan Termo Gun, menjaga jarak aman dan lain-lain yang berkenaan dengan kesehatan.

Setelah pembekalan, tim gusus tugas sangkapura mengecek satu persatu kesiapan kampus tangguh mulai dari tempat cuci tangan, pos jaga, ruang isolasi, ruang kantin, ruang kelas, ruang dosen, perpustakaan, parkir, kantor DEMA serta toilet Dosen dan karyawan, toilet mahasiswa. Begitu juga dengan perlengkapan lainnya seperti menyediakan beberapa Masker, Termo Gun, sabun cuci tangan, cairan Disenfektan, cairan Hand Sanitizer, Face Shield, sarung tangan, baju APD, serta obat- obatan standar kotak P3K. Disamping itu juga telah dibuat aturan protokol kesehatan, poster-poster himbauan kesehatan.

Kemudian satuan tugas kampus tangguh STIT Raden Santri Gresik diminta melakukan role play keseharian dalam menjalankan protokol kesehatan sebagai kampus tangguh untuk percepatan pencegahan covid 19 dilingkungan kampus. Hal ini (role play) penting sekali untuk melihat dan memastikan kesiapan satuan tugas kampus tangguh dalam menjalankan protokol kesehatan di kampus menurut dr. Rahma.

Launching Kampus Tangguh juga mendapatkan respon positif dari Camat Sangkapura, dalam sambutannya bapak Hamim, S.Sos., M.M, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas berlangsungnya acara Launching Kampus Tangguh. STIT Raden Santri Gresik merupakan kampus pertama yang dicanangkan sebagai Kampus Tangguh di Sangkapura Pulau Bawean.

"Saya ingin bagaimana aplikasi setelah dicanangkan kampus tangguh itu konsisten. Dan harus didukung juga oleh semua elemen, Ketua, dosen, mahasiswa, masyarakat, Pemerintah Desa. Karena program ini merupakan pilot preject pertama di pulau Bawean," tegas bapak Hamim, S.Sos., M.M.

Bapak Irvan Jalil, M.M.Pd (Humas antar lembaga sekaligus ketua Satgas Kampus Tangguh), mengatakan Launching Kampus Tangguh ini memang sudah sebuah keharusan dilakukan disebuah perguruan tinggi untuk New Normal ini, karena kampus merupakan tempat berkumpulnya orang/ keramaian aktifitas perkuliahan, sehingga seandainya nanti pemerintah telah memberikan izin perkuliah secara tatap muka maka kampus STIT Raden Santri Gresik telah siap untuk melaksanakannya sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Lanching Kampus Tangguh ini secara simbolik ditandai dengan pemasangan Rompi "Satgas Kampus Tangguh" kepada perwakilan Satgas Kampus Tangguh oleh Kapolsek Sangkapura (AKP. Rahmat T., S.Sos), serta Danramil Sangkapura (Kapten Inf. Bambang Kusharyanto).(ir,AN,snr).


Berita terkait lainnya:
Menag: Penelitian Adalah Jihad, Publikasi Ilmiah Adalah Dakwah
Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

STIT RADEN SANTRI GRESIK

STIT RADEN SANTRI GRESIK Jl. Dermaga Sungaiteluk Sangkapura Bawean Gresik, 61181, INDONESIA.
Telp +62 325 421 047 | Fax +62 325 421 047 | Email: info@stit-rsg.ac.id

© 2019 IT STIT RADEN SANTRI Follow STIT RADEN SANTRI: Facebook Twitter Youtube