Menyiapkan Mental Mahasiswa, STIT Raden Santri Gresik Menyelenggarakan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Rabu, 28 Agustus 2019, 17:30:52 WIB - 7 View
Share

Gresik, 21 Agustus 2019 - Sebelum terjun langsung dalam dunia pendidikan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam harus memiliki keterampilan mengajar di kelas. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan satu sarana bagi mahasiswa untuk berlatih dan menempa keterampilan mengajar sebelum benar-benar terjun ke lapangan persekolahan. PLP STIT RSG akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan, mulai tanggal 26 Agustus sampai 27 September 2019. Sebelum pelaksanaan PLP, mahasiswa harus mengikuti kegiatan pembekalan PLP terlebih dahulu untuk menyiapkan secara matang dalam keterampilan mengajar maupun mental mereka dalam menghadapi peserta didik di sekolah latihan. Pembekalan PLP diselenggarakan di gedung STIT Raden Santri Gresik selama 3 hari pada Rabu-jumat, tanggal 21-23 Agustus 2019.

Materi Kegiatan pembekalan PLP diantaranya hari pertama pemberian materi tentang Pembukaan PLP, model dan pendekatan pembelajaran, media dan perangkat pembelajaran. Hari kedua pemberian materi tentang penulisan RPP, Pengalaman Lapangan Persekolahan dan penulisan laporan PLP. Hari Ketiga pemberian materi tentang koordinasi DPL dan penutupan pembekalan dan pelepasan peserta PLP. Kegiatan PLP akan diikuti oleh 64 mahasiswa semester tujuh.

Di hari pertama, pembukaan dan peresmian PLP disampaikan Irvan Jalil, S.Pd., M.M.Pd selaku Pembantu Ketua III STIT RSG. Dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Model dan Pendekatan yang disampaikan oleh Sulaimi, M.Pd. Materi ini berisi tentang model-model pembelajaran yang dapat digunakan saat PLP diantaranya model kooperatif learning, jigsaw, contextual teaching learning, learning community, authenthic assesment dan reflextion. Kegiatan hari pertama diakhiri materi tentang Media dan Perangkat Pembelajaran yang disampaikan oleh Usman, M.Pd. , dia menjelaskan tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran. Guru akan mudah menyampaikan pesan dan materi ke peserta didik sehingga guru dapat melaksanakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)”.

Pmbekalan Hari Kedua, Keterampilan Menyusun Rencana Pembelajaran.
Pembekalan PLP pada hari kedua tanggal 22 Agustus 2019 diisi beberapa materi antara lain : Penyusunan dan teknik penulisan RPP dan praktik penyusunan Rencana Pembelajaran. Materi pertama dihari kedua disampaikan oleh Usman, M.Pd tentang penulisan RPP. Dia menyampaikan “RPP itu penting bagi guru karena RPP merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Setiap guru wajib menyusun RPP untuk mata pelajaran yang diampunya karena guru yang baik adalah guru yang mampu menerapkan desain pembelajaran dengan benar melalui RPP yang dibuat”. Pemberian materi yang kedua tentang Teknis pelaksanaan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) disampaikan oleh Bapak R. Abd. Aziz, S.Pd., M.M. Dia menjelaskan bahwa “ kegiatan PLP adalah pembelajaran yang sebenarnya bagi mahasiswa, karena mahasiswa benar-benar melakukan praktek mengajar di sekolah dan yang menilai tidak hanya dosen tetapi guru pamong juga ikut memberikan penilaian terhadap mahasiswa. Karenanya mahasiswa harus bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan PLP sehingga teori yang telah dipelajari selama kuliah akan berguna bagi mereka sendiri dan menentukan kualitas mahasiswa ketika lulus dan menjadi seorang guru”. Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Saniri, M.SI. tentang penulisan laporan PLP, dia menjelaskan “ Untuk pelaporan PLP mahasiswa harus mengumpulkan dua laporan yaitu laporan individu dan laporan kelompok. Yang perlu ditekankan dalam penulisan laporan yaitu data yang dilaporkan adalah data objektif berdasarkan kegiatan PLP yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan”.

Hari Ketiga, koordinasi teknis pelaksanaan PLP
Jum’at, 23 Agustus 2019 merupakan hari terakhir pembekalan dan pelepasan peserta PLP STIT RSG. Di hari ketiga ini dihadiri oleh pembantu ketua III, DPL, panitia PPL dan mahasiswa STIT RSG sebanyak 64 Mahasiswa. Materi kegiatan PLP hari terakhir yaitu koordinasi antara DPL dan Peserta PLP, Penutupan pembekalan dan pelepasan peserta PLP. Dalam kegiatan tersebut DPL beserta peserta PLP berkoordinasi tentang pembentukan ketua kelompok serta teknik persiapan PLP. DPL menjelaskan point-point penilaian PLP yaitu pelatihan mengajar, kemampuan mahasiswa dalam membantu mengembangkan RPP, kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, kompetensi kepribadian dan sosial.

Kegiatan Pembekalan dan Pelepasan PLP oleh Pembantu Ketua III, Irvan Jalil, S.Pd., M.M.Pd. Dalam sambutan penutupan dia menyampaikan, “ Alhamdulillah kegiatan pembekalan dan pelepasan PLP dari hari pertama sampai hari ini berjalan dengan lancar, dengan adanya pembekalan ini saya berharap akan memudahkan kalian terjun dilapangan dan kalian bisa sukses dalam kegiatan PLP selama satu bulan sehingga manfaatnya akan terasa untuk kalian sendiri, tidak hanya untuk kalian saja tetapi untuk STIT RSG kampus kita tercinta”.

Dengan berakhirnya Kegiatan pembekalan dan pelepasan peserta PLP menandakan bahwa Mahasiswa telah siap melaksanakan kegiatan PLP di sekolah. Adapun mitra pelaksanaan PLP tersebut terdapat sepuluh sekolah yang akan dijadikan tempat pelaksanakan PLP yaitu MA Sabilul Muttaqin, MA Umar Mas’ud, SMK Umar Mas’ud, MA Darussalam, MA Himayatul Islam, MA Darul Iman, SMA Islamiyah Falah, MA Miftahul Ulum, MA Miftahul Huda.

@Nisa

Menyiapkan Mental Mahasiswa, STIT Raden Santri Gresik Menyelenggarakan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
Menyiapkan Mental Mahasiswa, STIT Raden Santri Gresik Menyelenggarakan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
Menyiapkan Mental Mahasiswa, STIT Raden Santri Gresik Menyelenggarakan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
STIT RADEN SANTRI GRESIK

STIT RADEN SANTRI GRESIK Jl. Dermaga Sungaiteluk Sangkapura Bawean Gresik, 61181, INDONESIA.
Telp +62 325 421 047 | Fax +62 325 421 047 | Email: info@stit-rsg.ac.id

© 2019 IT STIT RADEN SANTRI Follow STIT RADEN SANTRI: Facebook Twitter Youtube